Pembagian Cakra

Tentang Cakra

Cakra yang semakin aktif akan memiliki bentuk semakin jelas dan ukurannyapun semakin bertambah. Menurut ukuran cakra dapat dibedakan menjadi tiga ukuran yaitu :

Cakra Utama

Pada kebanyakan orang cakra ini biasanya sebesar mangkok atau lebih besar sedikit dari kepingan kaset VCD. Kalau ukuran Cakranya lebih kecil dari ini biasanya orang tersebut mengalami gangguan dibagian organ tersebut atau orangnya sakit. Dan bila cakra ini membesar, inipun ada dua kemungkinan yaitu orang tersebut memiliki tingkat spiritual yang sudah maju atau orang tersebut mempunyai keahlian secara khusus tanpa pengetahuan spiritual. Memiliki cakra yang cukup besar dan tidak seimbang dengan cakra utama lainnya, ini malahan bisa menimbulkan suatu penyakit tertentu terutama bagi orang yang cakra utamanya membesar secara tidak sengaja.

Menurutt Kitab Tantra dan Kundalini Yoga di dalam lapisan tubuh terdapat 365 Cakra didalam tubuh termasuk tujuh buah Cakra Utama dan 7 cakra diluar tubuh (tidak termasuk cakra Sahasrara). Tujuh cakra utama tersebut adalah :

  1.  Cakra Mahkota ( Sahasrara )
  2. Cakra Ajna (Adnya)
  3. Cakra Wisudha (tenggorok)
  4. Cakra Anahata (Jantung)
  5. Cakra Manipura (Pusar)
  6. Cakra Svadhistana (Sex)
  7. Cakra Muladhara (Dasar)

Disamping Cakra yang diuraikan seperti diatas ada pula cakra – cakra yang diuraikan secara berbeda-beda seperti  menurut  Kitab Charaka dan Susruta terdapat sembilan buah cakra Utama dengan memakai nama, ada yang sama dan tidak. Namun secara garis besarnya baik letak dan fungsinya hampir sama. Tambahan Cakra tersebut adalah Cakra  Lalana yang terletak di daerah pangkal lidah dengan 12 lembar daun dan Cakra Soma yang letaknya didaerah otak besar (Dahi). Sedangkan menurut Lontar yang ada di Bali Cakra-cakra yang telah ada lebih dikembangkan dan ada beberapa penggantian nama dengan nama lain.

Cakra Madya

Cakra madya adalah cakra dengan ukuran sedang yaitu dengan jari-jari sekitar 2-3 cm dan pusaran energinya 5–10 cm. Cakra ini jarang diaktifkan karena dalam meningkatkan spiritual pengaruhnya sangat kecil, cakra ini hanya digunakan dalam membantu penyembuhan. Ada beberapa Cakra Madya yang cukup penting diantaranya Cakra telapak Tangan, Cakra Meng-mein, Cakra Limpa, Cakra Plexus-solar Plexus, Cakra Soma dan Cakra Bindu (Belakang kepala).

Cakra Alit

Cakra ini ukurannya sangatlah kecil bervariasi dari sebesar kelereng sampai sebesar mulut botol. Cakra ini bertebaran diberbagai tempat didaerah tubuh seperti nyala bintang-bintang yang menghiasi tubuh. Cakra ini biasanya banyak digunakan dalam penyembuhan pijat refleksi dan akupuntur dimana hasil yang dirasakan lebih cepat. Hal ini disebabkan cakra Alit lebih berhubungan langsung dengan titik-titik meridian/nadi.