Teja Surya menyinari seluruh lapisan tubuh anda dari yang kasar sampai yang halus. Teja Surya akan membersihkan energi negatif secara bertahap dan alamiah dimulai dari tempat yang paling halus sampai akhirnya yang bersifat kasar yaitu tubuh Fisik.

>Pembersihan dilakukan terutama pada pikiranyang berpusat di otak. Energi positif yang telah ada terus ditumbuh-kembangkan kekuatannya sedang energi negatif semakin dikikis dan dikeluarkan melalui Cakra Soma dan Cakra Bindu. Bila tubuh anda sudah mulai bersih, secara alami dan bertahap kesadaran diri mulai tumbuh yang dapat dirasakan dengan adanya perubahan – perubahan pada diri sendiri .

Energi Teja Surya sebenarnya energi halus yang penuh kasih seperti halnya Tuhan dengan penuh kasih memelihara segala hasil Ciptaan-Nya. Energi kasih Teja Surya yang mengalir keseluruh lapisan tubuh anda menyebarkan, menanamkan dan lebih menyuburkan sifat-sifat kasih yang telah anda miliki. Lambat laun benih-benih kasih akan tumbuh dengan subur didalam tubuh anda, hingga suatu saat dan tanpa anda menyadarinya bahwa semua makhluk ciptaan Tuhan sama adanya.

Perasaan kasih akan lebih ditumbuhkan baik terhadap keluarga, teman dan makhluk ciptaan Tuhan lainnya. Anda akan lebih dituntun untuk menyadari terlebih dahulu, kemudian dapat mengasihinya misalnya pada tumbuh-tumbuhan, hewan yang ada dilingkungan anda ataupun terhadap makhluk halus / gaib lainnya (wong samar Menyadari kelebihan / kekurangan diri sendiri, baik didalam sifat, kelakuan, perkataan, emosi dan cara berpikir.Menyadari bahwa tubuh fisik kita ini tidak dapat bergerak atau hidup kalau tidak adanya Atman. Meningkatnya kesadaran tentang alam semesta, lebih menyadari hubungan manusia dengan makhluk lainnya yang sama-sama ciptaan Tuhan.

Wong Samaradalah ciptaan Tuhan yang hanya memiliki tubuh halus saja dengan tingkat kesadaran dibawah manusia, namun mereka sama seperti kita, memiliki sifat, emosi dan nafsu yang bersifat positif-negatif. Itu berarti merekapun dapat berkembang biak, memiliki keluarga, tatanan kehidupan bermasyarakat dan lainnya yang hampir mirip seperti kita.