Dewa - Dewi
Ditulis oleh Administrator    Rabu, 16 Januari 2008 08:03    PDF Cetak E-mail
Dewi Laksmi

Dewi Laksmi dalam lukisan India
Dewi Laksmi dalam lukisan India
Gelar sebagai Dewi Kemakmuran
Devanagari:लक्ष्मी
Ejaan Sansekerta:lakṣmī
Golongan:Dewi
Pasangan:Dewa Wisnu
Wahana:Burung Hantu

Dalam agama Hindu, Laksmi (Sansekerta: लक्ष्मी ; Lakshmi, Laxmi) adalah dewi kekayaan, kesuburan, kemakmuran, keberuntungan, kecantikan, Dalam agama Hindu, Laksmi (Sansekerta: लक्ष्मी ; Lakshmi, Laxmi) adalah dewi kekayaan, kesuburan, kemakmuran, keberuntungan, kecantikan, keadilan, dan kebijaksanaan.

Dalam kitab-kitab Purana, Dewi Laksmi adalah Ibu dari alam semesta, sakti dari Dewa Wisnu. Dewi Laksmi memiliki ikatan yang sangat erat dengan Dewa Wisnu. Dalam beberapa inkarnasi Wisnu (Awatara) Dewi Laksmi ikut serta menjelma sebagai Sita (ketika Wisnu menjelma sebagai Rama), Rukmini (ketika Wisnu menjelma sebagai Kresna), dan Alamelu (ketika Wisnu menjelma sebagai Wenkateswara).

Dewi Laksmi disebut juga Dewi Uang. Beliau juga disebut “Widya”, yang berarti pengetahuan, karena Beliau juga Dewi pengetahuan keagamaan. Beliau juga dihubungkan dengan setiap kebahagiaan yang terjadi di antara keluarga dan sahabat, perkawinan, anak-anak, kekayaan, dan kesehatan yang menjadikannya Dewi yang sangat terkenal di kalangan umat Hindu.