Artikel Anggota
Ditulis oleh Komang Putra    Senin, 19 Mei 2008 08:15    PDF Cetak E-mail
Gayatry Mantra vs Dasa Aksara
Dasa Aksara " Sa Ba Ta A I Na Ma Si Wa Ya " yang merupakan penyatuan dari 2 (dua) hal yang berbeda ( Rua-Bineda), untuk dapat berbakti dengan penuh kasih ( ISwara ) atas Sinar-Nya ( Aditya). Jika sudah menyadari betul makna ini barulah memberikan "Hormat" pada "Siwa". Dimanaakhir dari penyatuan itu dalah OM itu sendiri (Eka Aksara) setelah melewati beberapa propses kesadaran dan beberapa proses peleburan aksara suci dari Dasa Aksara, Panca Aksara ( Na Ma Si Wa Ya), Tri Aksara ( Ang Ung Mang) , Dwi Aksara ( Ang Ah)..
Dan  bagaimana hubungannya dengan Mantram Gayatri ?
 
Dasa aksara dan Mantra Gayatrisangatlah besar kaitannya, dimana pada Gayatry Mantra yang di awali dengan :
 
  • OM, tidak akan hidup, jika tanpa adanya unsur Rua Bineda yang disatukan . Salahsatunya yaitu "Pengangge Sastra"  yang umumnya terdapat setiap diatas aksara Suci ( Arda Candra - Bindu - Nada ). Rua bineda juga erat kaitannya dengan Tinggi Rendahnya suatu getaran suara/Irama, dimana dengan menghasilkan getaran dan irama yang pas akan menghidupkan aksara itu sendiri.
  • Pada Gayatry, oleh karena OM sudah termasuk A-U-M, maka hal ini tidak di ucapkan lagi. Namun meskipun tidak diucapkan secara langsung, A-U-M sudah dijabarkar ke dalam hal yang jauh lebih luas : "Bhur - Bwah - Swah".
    • Tat Sawitur ..... pada gayatri bermakna "Itu...yang di puja". Pemujaan ini dilakukan dengan penuh kasih ( Iswara).
    • Sawitur ...atau Sawitri , adalah pada  yang yang bersinar ( Aditya)
    • Bargo dewasya dimahi... merupakan pemujaan terhadap kebesaran-Nya, serta tambahan nuntuk menyampaikan maksud dan tujuan dari si Pemuja dengan yang di Puja

Dengan uraian singkat diatas, itu berarti mantra Gayatri merupakan hal utama/inti dari semua mantra.

Jika mantra Gayatri sudah mampu dipahami penuh baik itu makna,arti,tujuan, pengucapan nada/Irama yang pas dengan getaran yang ada dalam tubuh masing-masing serta sudah mampu untuk menguasai dari penjabaran dari yang INTI sampai Perluasannya, ... maka mantra gayatri adalah mantra dari Semua mantra.

Kekuatan dari mantra ini adalah sama dengan menggunkan Dasa Aksara sampai Eka Aksara (OM), jika sudah dipahami betul.